PERMAINAN KIMIA

Plaza Kimia dan Fisika.  adalah lapangan virtual bebas untuk arena bermain & diskusi tentang kimia dan fisika atau pengalaman/pengetahuan science lainnya. 

Kumpulan Soal UN Kimia, Bahan Ajar Kimia, Matrikulasi Olimpiade Kimia  >>> Read more >>>   

Video Media Pembelajaran Kimia :

Game KimiaBagi anda yang menggunakan koneksi internet dengan kuota, mohon jangan bermain game-game edukasi dibawah ini.  bagi yang koneksi internetnya unlimited atau di warnet, silahkan dicoba bentuk-bentuk permainan ini (tinggal pilih)


Demonstrasi dan beberapa model permainan kimia menarik dapat anda coba dibawah ini.


Membuat bom asap ♣ : Bahan-bahan : KNO3 (kalium nitrat), bisa juga NH4NO3 (amonium nitrat) tapi bahan ini sudah kategori B3 bahan berbahaya yang dilarang, karena gara-gara si nurdin gemblung (Nurdin M. Top) yang suka main petasan (bom). bahan lain : gula pasir (glukosa), alumnium foil, baking soda, kaleng susu, sumbu dan karbit.   Langkah kerja :  (1). campurkan 500 gram KNO3 dan 300 gram gula pasir dalam panci alumnium. (2). Masak dengan lilin, aduk dengan sendok terus menerus (kalau berhenti campuran akan terbakar).  Sampai campuran akan berwarna coklat caramel. (3). lapisi kertas alumnium foil dengan baking soda yang cukup tebal. (4) tuangkan campuran yang anda masak tadi cepat-cepat diatas kertas alumium foil, sebelum campuran mengental& nbsp; (5). lalu bungkus dengan rapat dalam kertas aluminium foil yang telah dilapisi baking soda (6). kasih sumbu petasan dalam bungkusan tersebut (7). masukkan bungkusan tersebut dalam kaleng bekas, tunggu beberapa hari sampai isi bungkusan mengeras  (8). Bakarlah sumbu bom tersebut ditempat yang anda inginkan, lalu .... KABUUUUUUUUUUUUUURRRRRRRRR.... !!!!

 

Permainan Fisika ♣ : Aksi pesulap Daniel Wurtze ini bukan karena menggunakan magic, jin, tuyul, wewegombel, kuntul anak atau artis-artis horor lainnya.  Pada peragaannya ini semata-mata urusan fisika.  Adanya banyak kipas yang ditata dengan rapi (tentunya dengan perhitungan juga), akhirnya memunculkan gerakan yang indah seperti hantu menari pada video dibawah ini :  (mau mencoba?)

 

 

Membuat bom hidrogen cara 1 ♣ :  Alat-alat yang disediakan : (1). Botol sirup (2). Beaker glass/ gelas kimia 500 ml (bisa juga wadah lainnya yang dapat menampung air banyak (2). Balon. Bahan-bahan : (1). Air (2). NaOH (natrium hidroksida) atau soda api. (3). Aluminium foil.  Langkah kerja : (a). Masukkan botol yang telah diisi air ½ bagiannya kedalam wadah yang diisi air 500 mL (berfungsi sebagai wadah pendingin). (b). Masukkan 2 – 3 sendok makan NaOH kedalam botol sirup yang sudah diisi air ½ bagiannya lalu aduk/kocok. (c). Masukkan aluminium foil kedalam botol sirup tadi. Ketiga campuran tersebut akan bereaksi secara eksotermik (menghasilkan panas/kalor).  Reaksi yang terjadi :

2NaOH(s) + 6H2O + 2Al  -->  2NaAl(OH)4 + 3H2

(d). Balon kemudian diletakkan dalam mulut botol, agar balon terisi udara berupa gas H2 (hidrogen) yang telah dihasilkan dari zat-zat dalam botol. (e). Sulut balon udara tersebut dengan api, balon akan  menghasilkan ledakan dengan nyala api...  BLUAAAAARRRRR…. !
Hati-hati untuk menjaga jarak yang cukup jauh, biar tidak ada kejadian seperti foto dibawah ini...


 

Jin keluar dari botol  ♣ :  Masukkan ± 100 mL H2O2 (hidrogen peroksida) atau pemutih pakaian kedalam botol sirup. Masukkan MnO2 kedalam botol tersebut. Maka jin berupa asap tebal yang hitam akan keluar dari botol. Untuk mendapatkan MnO2 dapat dilakukan dengan mengambil isi baterai bekas berupa serbuk hitam yang tersimpan dalam baterai.

 

Ingus Syaithon ♣ :  Alat-alat : (1).Gelas kimia 250 mL (2). Spatula (3). Timbangan (4). Botol sirup (5). Sarung tangan Bahan-bahan : 2 gram CoCl2, 2 gram Na2CO3, Aquades, Sabun cair, 15 mL H2O2.  Langkah Kerja: (1). Amati CoCl2(kobalt klorida) dan Na2CO3(Natrium karbonat). (2). Campurkan 2 gram CoCl2(kobalt klorida) dan 2 gram Na2CO3(Natrium karbonat) ke dalam beaker gelas 250 mL. Amati campuran. (3). Tambahkan aquades sebanyak 30 mL ke dalam campuran. Aduk hingga bercampur merata. (4). Tambahkan sabun cair ke dalam campuran sebanyak 5 mL dan aduk hingga bercampur merata. Amati campuran. (5). Siapkan botol sirup. (6). Masukan campuran tersebut ke dalam botol. (7). Kenakan sarung tangan untuk kedua belah tanganmu. (8). Apa yang akan terjadi jika ke dalam campuran ditambahkan H2O2? Lalu tambahkan 15 mL H2O2 kedalam botol dengan hati-hati. Segera kamu menjauh. Amati apa yang terjadi. Bagaimana fenomena
ini dapat terjadi?   Mengerikan bukan..????!!!!

Masak dengan lilin dan aduk dengan sendok (diaduk teruz jgn berhenti,coz klo brhnti bsa terbakar) dengan amat hati-hati,hingga berwarna coklat caramel.

Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/chemistry/2026252-membuat-bom-asap-sederhana/#ixzz2DQuS7Ons

 

Memasukkan telur rebus kedalam botol ♣ : (1) Siapkan botol dari kaca yang kosong dan kering. (2) lipat kertas kemudian dibakar, lalu masukkan dalam botol. (3). Letakkan telur rebus diatas mulut botol sambil ditekan sedikit  (4). amati yang terjadi.  Makna percobaan ini :  Percobaan  yang memanfaatkan  perbedaan  tekanan  udara di  dalam  dan  di  luar  botol.  Bila  memasukkan  api  ke  dalam botol,  suhu  udara  di  dalam  botol  akan  naik.  Karena  suhu udaranya  naik,  pergerakan  molekul  udara  menjadi  agresif, sehingga  telur pun bergerak. Beberapa saat kemudian, oksigen di  dalam  botol  tersebut  akan  terpakai  semuanya  untuk mengeluarkan  api.  Akhirnya  api  di  korek  pun  padam.  Bila apinya  padam,  suhunya  menurun  drastis  dan  tekanan  pun menurun.  Ini  membuat  tekanan  udara  lebih  tinggi  daripada tekanan  udara  dalam  botol,  sehingga  kan  mendorong  telur masuk  ke  dalam  botol.  Bila  mau  mengeluarkan  telur  lagi, tinggal  tiupkan  udara  ke  dalam  botol  dan  naikkan  tekanan udara di dalam botol.

 

Tinta rahasia ♣ :  (1) sediakan kertas putih yang masih kosong tidak ada tulisannya (2). ambil bawang merah, potong bagian ujungnya (3) tuliskan sesuatu dengan potongan bawang merah yang masih ada getahnya.  (3). tulisan tidak terlihat bukan?  (4).  untuk membacanya, panaskan kertas yang ditulis dengan potongan bawang merah tadi diatas lilin/api (5). Tulisan akan terbaca.  Makna percobaan : percobaan ini adalah prinsip pergeseran kesetimbangan  Louis Le Chatelier. (Anda bisa juga menggunakan getah jeruk, atau bawang putih).

 

Air Iblis ♣ : Terdengar ngeri tapi memang demikian, sebab air ini bisa membuat besi dan logam-logam lain bisa mencair. Bahkan logam emas dan platinum yang sulit teroksidasi akan mampu dilarutkan oleh air iblis ini (buatlah larutan HNO3 dan HCl dengan perbandingan 1 : 3), bahan yang digunakan yaitu HNO3 dan HCl adalah larutan pekat 60-70%. Hasil larutan bisa langsung digunakan untuk melarutkan logam.

 

Rain Colour ♣ : Bahan dan alat : gelas 2 buah, sendok makan, pengaduk, pewarna makanan biru, Air, minyak Goreng.  Isi gelas pertama dengan air hingga kira-kira 2 cm di bawah mulut gelas. Isi gelas kedua dengan satu sendok makan minyak goreng. Tambahkan 10 tetes pewarna ke gelas kedua. Aduk hingga minyak goring dan pewarna bercampur. Tuang minyak dan pewarna ini ke gelas pertama.  Pewarna  biru  rupanya  bermusuhan juga  dengan minyak. Ketika  diaduk,  butiran  pewarna  menyebar  di  dalam  minyak. Ketika  campuran  ini  dituang  ke  air,  pewarna  berusaha melepaskan diri dari minyak. Akhirnya, berhasil! Dan, pewarna terjun  bebas  ke  bawah  air.  Bentuknya  tidak  bulat  karena pewarna suka dengan air. Oleh karena itu, kita melihat pewarna  memiliki  bentuk,  seperti  benang  hujan  yang  bertgerak  ke bawah.

 

Tunggu ide konyol selanjutnya dari mahboeb.net....>>>>>>>>>

 

Beberapa contoh permainan kimia lainnya dapat anda baca pada modul dibawah ini


update status facebook  via  plaza kimia  http://mahboeb.net 


Prediksi UN SMA MA SMK kimia fisika matematika biologi 2014 kunci jawaban UN SMA 2014 media pembelajaran kimia fisika matematika media inkuiri SMA MA SMK kumpulan soal soal UN 2014 download gratis man model singkawang singkawang man model prediksi soal UN kimia 2014 media kimia kumpulan media kimia download software kimia SMA MA SMK kimia prediksi soal ujian nasional UN kimia fisika matematika bahasa inggris SMA MA SMK media kimia flash media kimia flash tatanama senyawa kompleks sifat koligatif larutan swf pdf golongan transisi periode 4 swf pdf yatpi godong yatpi godong yatpi godong purwodadi percepat komputer laptop kumpulan rumus fisika kimia matematika man model singkawang man model singkawang prediksi soal CPNS  tanya jawab kimia online belajar kimia online belajar fisika online konsultasi kimia free contoh permainan kimia demonstrasi kimia cara membuat bom demo kimia permainan kimia menarik swf pdf video pembelajaran kimia fisika video pembelajaran kimia fisika video kimia SMA MA SMK video fisika kimia video kimia belajar kimia online media pembelajaran kimia media pembelajaran kimia SMA MA fisika Prediksi UN SMA MA SMK kimia fisika matematika biologi 2014 kunci jawaban UN SMA 2014 media pembelajaran kimia fisika matematika media inkuiri SMA MA SMK kumpulan soal soal UN 2014 download gratis man model singkawang singkawang man model prediksi soal UN kimia 2014 media kimia kumpulan media kimia download software kimia SMA MA SMK kimia prediksi soal ujian nasional UN kimia fisika matematika bahasa inggris SMA MA SMK media kimia flash media kimia flash tatanama senyawa kompleks sifat koligatif larutan swf pdf golongan transisi periode 4 swf pdf yatpi godong yatpi godong yatpi godong purwodadi percepat komputer laptop kumpulan rumus fisika kimia matematika man model singkawang man model singkawang prediksi soal CPNS  tanya jawab kimia online belajar kimia online belajar fisika online konsultasi kimia free Soal UN Kimia fisika matematika SMA MA SMK 2014